• header01.jpg
  • header02.jpg
  • header04.jpg
  • header05.jpg
  • headerweb.jpg

Ternyata, 'Hidung' Airbus Buatan PT Dirgantara Indonesia


Bisnis.com, JAKARTA – Rupanya, Indonesia tidak hanya sebagai konsumen yang membeli pesawat Airbus buatan eropa saja. Ternyata, Indonesia tercatat sebagai satu pemasok berbagai program  Airbus.

Wartawan Bisnis Indonesia, Reni Efita Hendry, yang  berkunjung ke pabrikan Airbus di Toulouse, Prancis, atas undangan penerbangan Singapore Airline, pada 10-15 Oktober 2015, melihat secara langsung industri perakitan pesawat berbadan lebar A350 XWB yang dipesan oleh Singapore Airline di Toulouse.

Tempat pembuat  kontruksi pesawat Airbus tidak berada di satu negara, tetapi  terdapat di beberapa negara. Namun, untuk perakitan terakhir terdapat di Toulouse, Prancis dan Hamburg, Jerman, serta Tianjin,China. Pesawat badan lebar A350 XWB dirakit di Toulouse.

Bahan-bahan untuk membuat pesawat Airbus itu pun  tidak dibuat sendiri oleh Airbus, tetapi bekerja sama dengan berbagai pemasok di dunia. Terdapat kurang lebih 17.000 pemasok di dunia.

Apakah Anda sudah tahu Indonesia juga sebagai salah satu pemasuk Airbus?

Ternyata Indonesia, melalui PT Dirgantara Indonesia (DI) juga sebagai pemasok berbagai program untuk pabrik Airbus.

Sean Lee, Communication Director Airbus S.A.S mengatakan di sektor manufaktur, PT Dirgantara Indonesia (DI) merupakan pemasok tidak langsung bagi Airbus dalam berbagai program Airbus.

“Di antaranya adalah pembuatan bagian hidung pesawat dan mesin untuk pesawat jenis A320, bagian hidung dan bagian samping sayap pesawat A380, serta kontrak untuk membuat bagian samping untuk sayap pesawat A350 XWB yang baru. PT DI baru-baru ini dipilih untuk paket pengerjaan struktur metal kerangka hidung A350-100,” kata  Sean Lee di sela-sela kunjungan ke Toulouse, Prancis.

Ternyata, PT DI  mempunyai spesialisasi pada bagian hidung pesawat dan bagian samping sayap. Produk buatan PT DI dipakai untuk tiga dari empat famili pesawat yang diproduksi oleh Airbus.  Ketiga famili itu adalah A320, A350XWB, dan pesawat badan lebar A380, kecuali famili A330.

Pesawat A320 merupakan  pesawat jet berbadan sempit, kelompok pesawat penumpang komersial jarak dekat sampai menengah yang memberikan kontribusi sekitar 70% ke perusahaan Airbus.

Lalu tipe pesawat A350 XWB (extra wide body) yang merupakan jet berbadan lebar. A350 merupakan pesawat Airbus pertama dengan struktur kedua sayap pesawat dibuat dari polimer diperkuat serat karbon.

Pesawat ini membawa penumpang 270-350 orang di tempat duduk kelas tiga. Kemudian pesawat A380 merupakan pesawat berbadan lebar dua tingkat dengan empat mesin yang mampu memuat 850 penumpang dalam konfigurasi satu kelas atau 555 penumpang dalam konfigurasi tiga kelas.

sumber: http://industri.bisnis.com/read/20151019/257/483569/ternyata-hidung-airbus-buatan-pt-dirgantara-indonesia#.Vjhnv4cDtb4.twitter

Hosted by